• Ditulis oleh : Admin  22 Nov 2019 08:11 WIB

Perubahan AP CIC dan STMIK CIC menjadi universitas CIC

Foto : Dokumentasi Universitas Catur Insan Cendekia

Akademi Perdagangan dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) CIC Cirebon, resmi berubah status menjadi universitas. Peresmian ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV kepada Ketua CIC Chandra Lukita, Senin (21/10).

Perubahan status dirayakan mahasiswa dan dosen. Mereka bersyukur atas capaian tersebut. Papan nama di depan kampus yang sebelumnya bertuliskan STMIK CIC, seketika dilepas dan dirubah menjadi Universitas CIC. Selain itu, Universitas CIC juga menambahkan 2 program sarjanah baru. Yakni manajemen dan akuntansi.

Kepala LLDIKTI Wilayah IV Prof Dr Uman Suherman AS MPd menyampaikan, perubahan status tersebut merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada Yayasan Catur Insan Cendekia atas kesungguhan dalam upaya melakukan perubahan dari Akademi Perdagangan dan STMIK menjadi sebuah Universitas.

LLDIKTI memberikan rekomendasi menjadi sebuah universitas bukan hanya mengenai kebijakan pemerintah. Tetapi, menekankan kepada sebuah kesungguhan tata kelola yang dibangun oleh Akademi Perdagangan dan STMIK CIC, dan juga kesungguhan yayasan pada saat memiliki komitmen dan integritas yang kuat untuk membangun Cirebon.

“Cirebon yang bukan hanya terkenal dengan kota perdagangannya. Tetapi CIC juga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang bergerak dalam bidang perdagangan yang merupakan salah satu kebanggan dari LL Dikti Jawa Barat dan Banten,” tuturnya.

Meskipun telah ada universitas di Cirebon, Uman berharap CIC memiliki keunggulan. Sehingga, CIC harus menjadi pusat keunggulan dari berbagai bidang yang tidak membuat ragu orang tua untuk menitipkan putra dan putrinya di CIC, sebagai investasi terbaik bagi bangsa Indonesia.

“Bukan hanya menghasilkan sumber daya yang berkualitas untuk Cirebon, tetapi mudah-mudahan untuk nasional. Universitas CIC boleh dikatakan baru hari ini (kemarin, red) izin operasional. Tetapi kan sudah punya pengalaman sebagai sekolah tinggi dan akademi dulunya,” cakapnya.

Sementara itu, Ketua Universitas CIC Chandra Lukita merasa bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada Kementrian Ristekdikti yang telah memberikan kepercayaan kepada CIC. Baginya, kepercayaan yang besar sejalan dengan rasa tanggung jawab yang harus dijalani dan diemban.